Langsung ke konten utama

Manfaat Menabung yang Harus Kamu Tahu

lifepal.co.id

Kebiasaan menabung bukan hanya harus dilakukan oleh orang yang sudah berpenghasilan saja, namun sebaiknya sudah ditanamkan dari anak-anak. Manfaat menabung sangat banyak. Karena itu harus menjadi prioritas bagi semua orang. 

Kesalahan dalam kegiatan menabung adalah menunggu ada uang yang tersisa di akhir bulan. Sedang hal ini sangat jarang terjadi. Sebaiknya menjadikan tabungan sebagai pengeluaran rutin yang harus terpenuhi sejak menerima gaji atau pendapatan. 

Manfaat Menabung

Dalam hal menabung yang terpenting adalah konsisten. Meski sedikit jika rutin setiap bulan menyisihkan dan tidak menggunakannya maka akan mudah terkumpul jumlah yang banyak. Tidak sedikit orang yang menabung dalam jumlah banyak namun hanya sesekali saja. Kemudian mengambilnya kembali meski tidak ada kebutuhan mendesak.
 
Setelah mengetahui manfaatnya, diharapkan akan semakin banyak orang yang sadar pentingnya menabung. Ketika menginginkan suatu barang lebih baik menyisihkan dan mengumpulkan uang terlebih dulu dari pada membeli dengan cara mencicil. Apa saja manfaat menabung?

1. Melatih kesabaran

Sikap sabar merupakan tindakan yang terpuji. Ketika menginginkan untuk mempunyai sebuah barang, orang yang sabar akan mengumpulkan uang terlebih dulu. Berhutang bukan merupakan pilihan tepat karena akan mendatangkan beban ekonomi. 

Mengumpulkan uang dari sedikit menjadi banyak akan membuat seseorang menjadi pribadi yang sabar. Semua orang harus terus memupuk sikap positif ini sehingga tidak mengalami kerugian secara finansial. 

2. Berhemat

Hemat bukan berarti pelit. Orang yang hemat akan memikirkan manfaat dan kerugian ketika menginginkan sesuatu. Mereka mengeluarkan uang hanya untuk hal positif dan memberikan dampak baik bagi kehidupan.

Sikap hemat membuat seseorang akan lebih menghargai barang, memikirkan terlebih dulu ketika akan mengeluarkan uang. Tindakan ini harus dilakukan oleh semua orang. Daripada mengeluarkan uang untuk hal tidak penting lebih baik menyimpannya untuk keperluan mendesak.

3. Menghindari dari kemungkinan terlilit hutang

Sebaiknya setiap orang menghindari kebiasaan berhutang karena dapat berdampak buruk. Tidak sedikit yang akhirnya terjebak dalam lingkaran hutang karena menganggapnya hal biasa. Sedangkan ketika seorang meminjam uang atau membeli barang secara kredit sebenarnya harus mengeluarkan dana lebih besar dari harga produk tersebut. 

Dengan menabung, seseorang tidak perlu berhutang ketika ingin membeli barang. Bisa jadi uang yang terkumpul dari sedikit mencukupi untuk mendapatkan barang sesuai keinginan. 

4. Pandai mengatur uang

Kemampuan untuk mengatur uang harus dimiliki oleh semua orang. Meski mempunyai penghasilan tinggi, jika tidak mampu mengelolanya akan habis. Begitu juga sebaliknya. Karena itu tidak sedikit orang yang mengikuti pelatihan financial planning agar keuangannya tetap terjaga dan sehat.
 
Seseorang yang pandai mengatur keuangan akan memprioritaskan tabungan seperti pemenuhan kebutuhan pokok lainnya. Pos ini akan masuk dalam daftar pengeluaran rutin dan menyisihkannya dari cash atau dana lainnya.

Dengan menabung secara tidak langsung kita juga membantu pihak lain yang membutuhkan modal. Lembaga keuangan akan menyalurkannya kepada pelaku usaha sehingga bisa berkembang. Saat ini semakin banyak perusahaan Peer to Peer Lending di Indonesia yang memfasilitasi antara pengelola tabungan dengan pihak yang membutuhkan pembiayaan. 

Peer to Peer Lending di Indonesia sangat penting peranannya dalam mempercepat pemenuhan kebutuhan modal bagi pelaku usaha. Sedangkan keuntungan untuk pengelola tabungan adalah bisa mendapatkan pihak yang akan mengelola dana untuk usaha secara bertanggung jawab sehingga mendatangkan keuntungan. 

Manfaat menabung yang cukup banyak seharusnya mampu menyadarkan semua orang agar memasukkannya sebagai daftar pengeluaran. Dengan demikian setiap mendapat penghasilan akan menyisihkan sejumlah untuk untuk masuk rekening tabungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone

Pentingnya Menerima Kritik dari Konsumen

Pengaruh Diet Tinggi Protein pada Tubuh