Sharing Informasi Terbaru
Khoza , , | Desember 15, 2021 Beri komentar

Bitcoin mencapai rekor tertinggi dalam 12 bulan terakhir. Bitcoin juga menunjukkan kekuatan pasar (market power) yang memperkuat posisinya sebagai cryptocurrency nomor satu. Namun, ada indikator lain seperti tingkat hash yang juga mencapai rekor tertinggi tahun ini. Hashrate ini cukup penting karena disebabkan oleh beberapa hal. Yuk simak ulasannya.

Pengertian Tingkat Hash

Tingkat hash adalah ukuran kekuatan komputasi jaringan Bitcoin. Ketika Bitcoin ditambang, blok transaksi yang divalidasi perlu di-hash sebelum ditambahkan ke blockchain. Setiap hash dibuat dengan memecahkan teka-teki matematika yang sangat sulit. Tingkat hash adalah ukuran seberapa keras jaringan Bitcoin mencoba memecahkan teka-teki setiap detik.

Hash adalah kode alfanumerik dengan panjang yang digunakan untuk mewakili pesan, kata, atau data. Hash adalah sidik jari atau ringkasan data digital. Pada dasarnya, hash membantu Anda memeriksa validitas informasi tertentu tanpa mengungkapkan isi informasi tersebut. Semua aset kripto menggunakan algoritma hash yang berbeda untuk menghasilkan berbagai jenis kode hash. 

Algoritma ini memiliki tugas untuk menghasilkan alfanumerik acak. Kode alfanumerik ini sebenarnya adalah angka yang ditulis dalam notasi heksadesimal. Saat menambang aset kripto , penambang harus bersaing dengan mesin penambangan untuk menyimpulkan hasil hash. Lebih khusus lagi, penambang mencoba menghasilkan hash kurang dari atau sama dengan hashrate target dengan mengubah satu nilai yang disebut nonce.

Hash baru dibuat setiap kali nonce berubah. Pada dasarnya, mesin penambangan bekerja untuk menyimpulkan angka dan huruf dari hash ini. Semua hash yang dihasilkan bersifat acak dan tidak dapat diprediksi, sehingga jutaan saran hash diperlukan. Tingkat hash adalah unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur kecepatan komputer atau mesin pertambangan untuk hashing. 

Besarnya hash yang dilakukan oleh mesin mining ini diukur dalam satuan hash per detik atau biasa disebut hash rate. Tingkat hash dihitung berdasarkan jumlah perhitungan hash yang dapat dilakukan per detik. Mesin penambangan biasanya menggunakan unit hash rate 1 kilo atau setara dengan 1.000 hash per detik. 1 mega setara dengan 1 juta hash per detik dan 1 giga setara dengan 1 miliar hash per detik. 

Selanjutnya, 1 tera setara dengan 1 triliun hash per detik, 1 peta setara dengan 1.000 triliun hash per detik, dan 1 Exa (EH / s) setara dengan 1 juta triliun hash per detik. Semakin tinggi kekuatan hashrate dari mesin penambang, semakin besar kemungkinan untuk menebak hash, dan oleh karena itu penambang lebih cenderung menerima hadiah Bitcoin.

Kenapa Hash dikatakan Penting?

Tingkat hash adalah jumlah hash yang dapat dilakukan per detik yang mewakili kinerja keseluruhan jaringan cryptocurrency. Misalnya, total tingkat hash Bitcoin saat ini lebih dari 100 exahash. Dalam arti setiap detik penambang memproses hingga 100 juta triliun hash di jaringan Bitcoin. Dengan mengetahui kekuatan tingkat hash , Anda dapat mengevaluasi kekuatan dan keamanan jaringan blockchain.

Semakin banyak mesin yang digunakan untuk hashing maka semakin tinggi hashrate jaringan. Dengan begitu maka semakin sulit bagi penyerang jahat untuk menyerang jaringan. Untuk jaringan blockchain seperti Bitcoin sangat sulit karena penambang jahat harus mampu menangani lebih dari 50% dari tingkat hash yang telah disediakan.

Tidak dapat disangkal bahwa penambangan cryptocurrency dan Bitcoin telah berkembang dari hobi segelintir orang menjadi industri bernilai jutaan dolar. Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat hash adalah dengan mengembangkan chip khusus. Dapatkan informasi tentang tingkat hash bitcoin secara lengkap melalai situs pintu.co.id 

0 komentar:

Posting Komentar