Sharing Informasi Terbaru
Khoza , | September 14, 2021 Beri komentar
Bagus Untuk Program Diet, Berikut 5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Mengandung banyak serat, makanan yang satu ini kerap kali menjadi pilihan untuk sebagian orang yang sedang menjalani program diet. Selain mengandung banyak serat dan nutrisi, karbohidrat g satu ini juga bagus dikonsumsi oleh semua kalangan usia. Selain sebagai sumber karbohidrat dan bagus untuk program diet, Berikut 5 manfaat beras merah bagi kesehatan. Simak selengkapnya disini.

Manfaat Mengonsumsi Nasi Merah Untuk Kesehatan

1. Sebagai Antioksidan dan Melawan Radikal Bebas

Antioksidan merupakan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari gejala stres dan radikal bebas. Nasi Merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga  jika dikonsumsi secara teratur maka tingkat efektifitasnya lebih tinggi dalam melawan radikal bebas. Dengan menangkal zat radikal bebas, beras ini juga dapat mencegah seseorang terkena penyakit kanker dan tumor.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi sebagian orang, mengonsumsi nasi merah  lebih menyehatkan daripada nasi putih. Karena tidak hanya memiliki antioksidan yang tinggi, beras ini juga memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan. Kandungan serat dalam beras merah mampu menyerap kolesterol jahat, sehingga  dapat menurunkan kadar  kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Mencegah Dari Penyakit jantung

Manfaat lain dari mengonsumsi nasi merah yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Dengan adanya penumpukan lemak terlalu banyak pada tubuh dalam jangka waktu lama, maka akan membuat kondisi pembuluh darah arteri ke jantung tersumbat. Bahkan hingga menyebabkan serangan jantung. Tidak hanya orang tua, penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak atau remaja yang mengalami obesitas.

Oleh karena itu, mencegah lebih baik daripada mengobati merupakan slogan yang tepat untuk mengatur pola hidup sehat. Pola hidup sehat dimulai mengatur pola makan dan mengganti asupan makanan yang sehat. Contohnya mengganti karbohidrat nasi putih dengan nasi merah. Pasalnya mengonsumsi beras merah, juga dapat membantu Anda dalam mencegah berbagai penyakit jantung.

4. Mengurangi Risiko obesitas

Selain penyakit diabetes, kelebihan lemak dalam tubuh juga meningkatkan tingginya risiko obesitas. Untuk menghindari masalah obesitas, sebaiknya Anda mengganti pola makan dan juga mengganti sumber karbohidrat dengan nasi merah. Dengan tujuan untuk mengurangi lemak dan gula pada tubuh. Dengan mengonsumsi beras ini, dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Nasi merah juga baik untuk program diet, karena jumlah kandungan lemak dalam nasi merah adalah 0 % . Nasi merah juga memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibanding dengan nasi putih, sehingga baik jika dikonsumsi sehari – hari. Beras merah juga aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama karena mengandung serat alami yang tinggi. Sehingga akan bagus untuk kurangi risiko obesitas.

5. Bagus Untuk Sistem Pencernaan

Manfaat  lain mengonsumsi nasi merah selanjutnya yaitu bagus untuk memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan serat pada beras ini akan mencegah Anda dari risiko penyakit sembelit. Selain kandungan serat yang tinggi, beras ini juga memiliki kandungan vitamin B dan zat besi yang bagus untuk sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang lancar juga dapat menekan kenaikan berat badan.

Makanan memang menjadi salah satu sumber energi yang penting dalam setiap kehidupan makhluk hidup. Setelah mengetahui beberapa manfaat di atas, semoga Anda menjadi lebih bijak dalam memilih dan mengonsumsi asupan makanan yang sehat dan baik bagi tubuh. Dengan konsumsi makanan yang sehat, juga menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar