Sharing Informasi Terbaru
Khoza , | Juni 12, 2021 Beri komentar
Yuk Wujudkan Masjid Pedesaan Impian di Daerah Pelosok Nusantara!

Memiliki masjid yang bersih dan nyaman digunakan merupakan impian besar warga di beberapa daerah pelosok Indonesia. Tidak seperti di kota besar yang segala fasilitas ibadahnya tersedia dengan layak dan mudah dijangkau. Banyak daerah pelosok desa yang kesulitan untuk memperoleh fasilitas masjid pedesaan impian. Yuk mengulas lebih dalam!

Sekilas Tentang Kondisi Masjid di Pelosok Nusantara

Indonesia merupakan negara yang sangat beragam, mulai dari suku, kebudayaan, adat, agama, dan lain-lain. Tidak hanya daerah perkotaan yang mempesona, namun banyak daerah terpencil di Indonesia yang begitu indah alamnya. Namun, di balik keindahan itu terdapat kisah lain yang jarang diketahui oleh masyarakat.

Kehidupan di perkotaan terbiasa dengan berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati kapan saja dan oleh siapa saja tanpa perlu kesulitan menggunakannya. Namun tidak demikian dengan beberapa daerah pelosok di Indonesia. Tidak sedikit fasilitas yang belum bisa mereka nikmati, salah satunya adalah tempat ibadah yang nyaman digunakan.

Kurangnya pemerataan pembangunan membuat daerah-daerah ini harus menempuh harak yang jauh untuk bisa menikmati fasilitas rumah ibadah yang nyaman. Tidak heran jika masjid pedesaan menjadi impian besar para warga di daerah tersebut. Terlebih, tempat ibadah berupa masjid atau musala memiliki peran penting dalam menjalankan kegiatan keagamaan.

Semangat Mewujudkan Tempat Ibadah yang Nyaman

Berangkat dari kondisi lapangan yang ada, masjidpedesaan.or.id memprakarsai program pembangunan masjid atau musala di daerah pelosok guna memaksimalkan fasilitas keagamaan bagi warga setempat. Yayasan ini berdiri sejak tahun 2019 dan mengajak para individu, organisasi, komunitas, atau perusahaan untuk turut terlibat dalam program tersebut.

Selain sebagai wadah penyaluran harta untuk kepentingan umat, yayasan masjid untuk pedesaan ini juga mengajak siapa saja untuk peduli dengan kondisi saudara sebangsa yang ada di pelosok desa. Semangat kepedulian dan gotong royong itulah yang mendasari yayasan untuk melakukan program ini supaya lebih banyak orang yang bisa menikmati fasilitas ibadah.

Program yang Digalakkan

Tidak hanya membangun masjid pedesaan, yayasan juga memiliki program lainnya, seperti pembangunan musala, renovasi masjid, dan renovasi musala. Sudah ada beberapa masjid yang berhasil dibangun untuk meningkatkan fasilitas di daerah terpencil. Diantaranya adalah masjid mualaf di Kecamatan Balla dan Masjid Pesantren Al-Anwariyah Al-Idrus di pelosok Banten.

Ada pula pembangunan masjid sebagai pusat belajar Alquran di Kampung Cipicung Bogor dan pembangunan musala di Desa Puspasari, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang. Tujuan dari program ini yaitu menyediakan tempat ibadah yang nyaman digunakan oleh warga sekitar. Dengan demikian, kualitas dan semangat ibadah pun semakin meningkat.

Cara Berdonasi

Untuk mendukung program ini, anda dapat berdonasi secara online melalui campaign Yayasan Masjid Pedesaan di kitabisa.com. Dengan sistem online, anda bisa berdonasi kapan saja dan dimana saja asalkan campaign belum berakhir. Besarnya donasi yang anda keluarkan pun tidak dibatasi, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan.

Setelah berdonasi, anda juga dapat memantau kabar terbaru dari pembangunan masjid tersebut termasuk penarikan sejumlah uang. Laporan yang transparan menunjukkan bahwa semua dana yang diterima dipergunakan seluruhnya untuk membangun masjid hingga dapat digunakan untuk beribadah. Banyak daerah yang terbantu dengan program pembangunan masjid ini.

Kini semakin banyak kemudahan untuk berbagi dengan sesama. Selain dapat membersihkan harta, berinfak dan bersedekah juga sangat berarti bagi orang-orang yang membutuhkan sebagaimana para warga di pelosok Nusantara yang kesulitan merasakan fasilitas ibadah. Berbagi tidak akan mengurangi harta, namun justru membuat harta tersebut semakin berkah.

0 komentar:

Posting Komentar