Sharing Informasi Terbaru
Khoza , | Maret 16, 2021 Beri komentar
Mengandung Propolis Alami, Berikut 5 Manfaat Madu Trigona

Madu, cairan manis yang tidak diragukan lagi kekayaan manfaatnya. Madu kerapkali dijadikan sebagai alternatif pengobatan atau pencegahan penyakit. Secara umum, madu memiliki manfaat yang sama. Namun, beberapa jenis madu menawarkan manfaat khusus yang tidak dimiliki madu lainnya, salah satunya madu trigona. Anda bisa membeli madu ini di tempat jual madu trigona.

Manfaat yang Akan Diperoleh Setelah Mengkonsumsi Madu Trigona

1. Antibakteri Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Madu trigona adalah madu yang dihasilkan oleh jenis lebah Trigona SP atau lebah Klanceng, sehingga madu ini juga disebut madu klanceng. Lebah trigona tidak menyengat, melainkan bertahan hidup dengan menggigit. Madu yang dikenal oleh kebanyakan orang dihasilkan oleh lebah penyengat spesies Apis.

Perbedaan dari kedua spesies lebah ini dapat dilihat dari bentuk sarangnya. Sarang lebah spesies Apis berbentuk heksagonal, sementara sarang lebah trigona berbentuk kendi bulat. Lebah trigona menghasilkan propolis alami untuk menjaga sarang dari kerusakan. Kandungan propolis alami inilah yang menjadi nilai jual madu trigona.

Madu klanceng mengandung hidrogen peroksida, flavonoid, senyawa fenolik, dan peptida antibakterial. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu ini dapat menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri E. coli, B. subtilis, M. luteus, dan B. brevis.

2. Mencegah Timbulnya Berbagai Penyakit

Lebah trigona menghasilkan bee pollen dan propolis yang baik untuk kesehatan. Bee pollen bermanfaat untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes, kolesterol, atau hipertensi. Masalah pencernaan seperti sembelit, maag, atau gangguan lainnya juga dapat diatasi dengan konsumsi madu ini.

Kandungan dalam madu klanceng baik untuk menguatkan otot, tulang, dan sendi, serta menjaga jantung, liver, dan ginjal dari serangan penyakit. Karena memiliki manfaat yang sangat banyak, harga jual madu trigona lebih mahal jika dibandingkan madu pada umumnya.

3. Antioksidan

Beda spesies lebah, beda pula cita rasa madu yang dihasilkan. Selain rasa manis, madu klanceng memiliki rasa asam karena kadar keasamannya mencapai 3.05 – 4.55. Tekstur madu ini juga lebih encer karena kandungan airnya lebih banyak dibandingkan madu lainnya, yaitu sekitar 30 – 35%.

Madu klanceng memiliki senyawa antioksidan PCA, serumen, dan 4-hydroxyphenylacetic acid. Senyawa-senyawa ini membantu mengatasi berbagai macam penyakit degeneratif seperti menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh, dan mencegah penuaan dini.

Hasil produksi madu lebah trigona tidak banyak, hanya 100 – 200ml saja tiap 3 bulan, sementara peminat madu ini sangat banyak. Hal ini mempengaruhi  harga jual madu klanceng. Anda dapat memperoleh madu kaya khasiat ini di Omah Klanceng Bee Farm dengan harga Rp 135.000,00 per 250ml.

4. Antiperadangan

Senyawa fenolik yang dimiliki oleh madu klanceng baik untuk melawan proses peradangan di dalam tubuh. Fungsi ini mirip dengan antioksidan yang berguna mencegah munculnya penyakit di dalam tubuh, seperti tumor atau kanker. Dengan mengkonsumsi madu trigona, penyakit ganas semacam ini dapat dicegah.

5. Menyehatkan Kulit

Selain untuk konsumsi, madu klanceng juga dapat digunakan sebagai masker, lulur, atau salep sebagai perawatan dari luar. Masker alami menggunakan madu ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit jika digunakan secara rutin. Lulur menggunakan madu juga dapat melembutkan dan menyehatkan kulit.

Madu trigona memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh, sehingga dapat dijadikan sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan. Manfaat ini dapat diperoleh dari madu klanceng asli yang dibudidayakan dengan baik. Madu ini dapat diperoleh di Omah Klanceng Bee Farm yang dikembangkan oleh petani hutan, sehingga terjamin kemurniannya.

0 komentar:

Posting Komentar