Sharing informasi terbaru | 2020
Khoza , | Desember 10, 2020 Beri komentar
Yuk Simak Beberapa Hal Yang Harus Disiapkan Untuk Pembuatan PT

Kegiatan usaha yang didukung oleh legalitas harus dilakukan dengan cara pembuatan PT. Dalam hal ini, PT juga dapat membantu pertumbuhan sektor ekonomi suatu negara. Selain itu, PT yang sudah didirikan secara legal juga memiliki kemudahan untuk menjalankan berbagai aktivitas. Lantas, apa saja yang harus disiapkan untuk mendirikan usaha ini ? Simak langkahnya berikut.

Langkah Langkah Pendirian PT Yang Harus Diperhatikan

1. Mempersiapkan Data

PT merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh minimal dua orang. Untuk membuat sebuah perusahaan ini, anda tentu harus mempersiapkan data data yang dibutuhkan dengan cermat dan teliti. Beberapa data yang harus disiapkan ini meliputi nama PT, tempat dan kedudukan, maksud dan tujuan PT, modal PT, serta pengurus PT. 

Data-data yang sudah dipersiapkan tersebut dapat diserahkan kepada notaris untuk selanjutnya dilakukan beberapa pembuatan draft. Langkah awal yang harus dikoreksi adalah nama PT. Dalam hal ini, notaris akan memastikan apakah nama yang digunakan sama dengan PT yang sudah ada atau tidak. Selain itu, penulisan maksud dan tujuan juga harus disamakan dengan format KBLI.

Begitu pula, anda harus mengisis kedudukan modal PT secara detail. Kepemilikan ini bahkan dilakukan persentase sebagaimana modal yang telah digunakan untuk pendirian PT. Selain itu, pembuatan PT juga harus disertai dengan penentuan pengurus yang akan mengisi jabatan. Tentunya, posisi yang dihadirkan tidak boleh diisi oleh satu orang.

2. Finalisasi Dan Tanda Tangan Dihadapan Notaris

Beberapa data yang telah disiapkan tersebut akan dikonfirmasi kebenarannya. Kemudian, data yang sudah benar akan ditandatangani pemilik perusahaan di depan notaris. Selain itu, finalisasi ini juga membutuhkan tanda tangan pemegang saham. Bahkan, pemegang saham yang tidak hadir bisa digantikan jika memberikan surat kuasa.

Selain itu, data yang sudah benar dan berisi tanda tangan ini akan disalin oleh notaris. Selanjutnya, akta tersebut akan didaftarkan pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumham. Tentunya, anda sebagai pemilik suatu usaha akan menerima akta salinan yang sudah berisi data yang benar beserta surat keputusan dari Menkumham.

3. Pengurusan NPWP Dan SKT Perusahaan

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan dalam pembuatan PT adalah mengurus NPWP dan SKT. Kedua hal ini pada dasarnya akan diuruskan oleh notaris setelah pengajuan data kepada Kemenkumham. Tentunya, anda juga harus memastikan tidak adanya penunggakan pajak di antara calon pengurus PT agar pembuatan NPWP tidak terganggu.

4. Pendaftaran NIB

Begitu pula, anda juga harus membuat Nomor Induk Berusaha atau NIB untuk melengkapi legalitas perusahaan. Dalam hal ini, pendaftaran dapat dilakukan melalui OSS. Selain itu, anda juga bisa melakukan pemilihan bidang usaha yang tepat dengan memasukkan data akta. Kemudian, anda bisa menentukan KBLI yang sesuai dengan jenis usaha tersebut.

5. Pengajuan Izin Usaha 

Anda juga bisa mengajukan izin usaha setelah mendaftarkan NIB. Jika usaha yang anda dirikan adalah jenis konstruksi, maka anda harus melakukan izin usaha jasa konstruksi sebagaimana peraturan undang-undang yang berlaku. jenis usaha yang satu ini memiliki kondisi yang berbeda dari usaha perdagangan. Oleh karena itu, anda harus melakukan perpanjangan setiap 3 tahun sesuai SBU.

Setiap usaha yang dijalankan sebaiknya didaftarkan agar mudah dipertanggungjawabkan ketika terjadi risiko usaha. Beberapa tahapan di atas adalah hal yang bisa anda lakukan dalam mendirikan PT. Tentunya, tahapan tersebut harus dilakukan secara berurutan sebelum anda menjalankan suatu usaha.

PAKET Biaya Jasa Pendirian PT PMA SIUJK Sbu izin NIB

Jalan Mayjend. D.I. Panjaitan no 45 by pass Gedung Pembina Graha RT.17, RT.17/RW.9, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350

Kontak : 0812-9787-9901


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar